CONTOH PROPOSAL

PROPOSAL

DATA PELANGGARAN SISWA

BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Lembaga Pendidikan merupakan tempat untuk membentuk serta mendidik generasi muda, tetapi selama ini masih banyak siswa siswi yang melakukan tindakan melanggar aturan-aturan yang sudah ditetapkan sekolah. Dalam permasalahan yang seperti ini, Lembaga Pendidikan / sekolah kesulitan untuk menginfentarisasi data-data siswa-siswi yang melanggar aturan tersebut. Oleh sebab itu kami berupaya untuk membantu proses menginfentarisasi data pelanggaran siswa – siswi tersebut melalui program DataBase dengan menggunakan suatu software.

Manfaat bagi sekolah menggunakan program ini adalah:

1. Untuk mempermudah dalam mengetahui seberapa banyak siswa-siswi melanggar aturan yang di tetapkan sekolah.

2. Menyederhanakan suatu data pelanggaran siswa.

3. Mempermudah dalam proses pemasukan data – data siswa yang melanggar termasuk mencari data siswa perkelas atau jurusan.

4. Dapat membuat keputusan dengan cepat trindakan apa yang akan dilakukan oleh sekolah kepada yang melanggar.

5. Dapat melihat perkembangan kepribadian siswa yang bermasalah.

Manfaat bagi siswa :

1. Siswa mengerti manfaat dan pentingnya dalam menguasai ilmu dibidang teknologi informasi.

2. Siswa akan merasa takut dan berubah karena ketika data pelanggaranya masuk ke sebuah program database.

Untuk memberi gambaran yang jelas dan detail mengenai software Data Pelaggaran Siswa tersebut, berikut akan dijelaskan isi dari menu program beserta fungsinya:

Dari penjelasan diatas, terlihat jelas bahwa dengan menggunakan Sistem Informasi atau Software ini sangat membantu pihak sekolah terutama kepada guru Bimbingan dan Konseling (BK) untuk meningkatkan pelayanannya.

Alat – alat yang diperlukan :

1. Komputer.

2. Software khusus ( Delphi ).

Alat ini di perlukan untuk menyimpan data pelanggaran siswa serta kepentingan lainnya, dan software ini juga buat salah satu pendukung utama pengoperasian program tersebut.

Dalam sofware atau Program ini obyek yang kami pakai adalah :

1. Nis

2. Nama Siswa

3. Kelas

4. Tanggal

5. dan jenis pelanggaran

6. Jurusan

Contoh Gambaran program ini adalah:


Ketika salah satu jurusan di klik maka tampilan awal seperti ini:

Keterangan:

1. Sekolah bisa lebih muda dalam mengelompokkan data – data siswa yang melakukan pelanggaran menurut jurusannya masing- masing.

2. Sekolah bisa mengetahui seberapa banyak siswa melakukan pelanggaran karena di dalam program ini seandainya siswa meakukan lebih dari 1 atau 2 kali maka akan muncul tanda warna.

3. Sekolah bisa mengetahui tanggal berapa saja siswa melakukan pelanggaran.

4. Program ini akan lebih aman karena secara otomatis data yang telah anda masukan akan meng - update ke Microsoft Acces.

5. Sekolah bisa juga mengetahui Nis siswa yang melakukan pelanggaran, ketika anda memasukan nama maka secara otomatis Nis akan muncul.

Dahulu di sekolah kami kesulitan dalam proses inventarisasi data pelanggaran siswa karena mereka menggunakan program yang sangat sederhana sekali yaitu Microsoft Office saja. Sehingga data kadang-kadang hilang atau terhapus. Dengan adanya kejadian yang seperti itu, maka kami mencoba memakai sistem program yang sederhana ini yaitu database.


PENUTUP

Panduan Pembuatan program ini di buat dalam rangka menertibkan dan mengamankan semua data- data siswa- siswi yang melakukan pelanggararan maupun penyimpangan aturan di suatu lembaga sekoloah. Sehingga petugas tartib atau selaku guru Bimbingan Konseling bisa melaksanakan tugansya sebaik mungkin.

Mengingat banyaknya pelanggaran atau penyimpangan terhadap aturan-aturan di suatau lembaga sekolah maka sangat di perlukan suatu penegasan terhadap aturan-aturan dan penertiban terhadap siswa – siswi di lembaga sekolah tersebut.

Semoga apa yang kita laksanakan semuanya bermanfaat bagi perkembangan pendidikan khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan untuk meningkatkan mutu tamatan yang berkualitas.

Demikian serta harapan kami adanya suatu saran dan kritik yang sifatnya membangun demi kesempurnaan prposal kami, saya ucapkan terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar